Wednesday, May 11, 2011

Inovasi untuk kesejahteraan Kehidupan Bangsa


Istilah inovasi memang sering didefinisikan secara berbeda, walaupun pada umumnya memiliki pemaknaan serupa. Inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan untuk menciptakan dan  mengembangkan penerapan praktis dari nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi yang umumnya dilakukan oleh perusahaan atau oleh perseorangan. Mereka-mereka yang bergerak dalam bidang pendidikan pun tak luput menjadi inovator.

Sudah menjadi sifat dari kebanyakan orang bila telah terpenuhi satu keinginan maka akan timbul keinginan yang lain serta menambah apa yang telah tercapai. Tentu saja setiap orang tidak tidak ingin mengalami kesulitan, tetapi mereka akan berusaha dalam setiap langkah untuk mendapatkan kemudahan. Kemudahan itu didapat antara lain dengan penerapan perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi.

Berkat kemajuan ilmu dan teknologi maka dapat diciptakan alat-alat serta perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan sehingga dalam kegiatan kehidupannya tersedia berbagai kemudahan. Hal ini memungkinkan kita melakukan kegiatan dengan lebih efektif dan efisien.

Dengan teknik modern misalnya, dari teknik mengendalikan air sungai, petani mendapat kemudahan dalam memperoleh air, bendungan yang dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik, alat rumah tangga elektronik mempermudah ibu-ibu rumah tangga dalam melaksanakan tugasnya. Dengan teknik modern ini juga dapat dibuat bermacam-macam media pendidikan, seperti OHP, slide, film strip, TV dan lain lain yang mempermudah para pendidik dalam melaksanakan tugasnya.

Dalam menghadapi era teknologi modern dan industrialisasi dewasa ini, maka dituntut adanya keahlian untuk menggunakan, mengelola, dan senantiasa menyesuaikan dengan teknologi-teknologi dan ilmu pengetahuan baru yang semakin berkembang seiring zaman. Selain itu sikap mental dan nilai hidup anak bangsa harus mengarah terhadap nilai tersebut, jangan malah terhanyut oleh arus kehidupan yang tanpa arah.


Memang sudah selayaknya pembelajaran ini diterapkan di sekolah-sekolah hingga ke perguruan tinggi di Indonesia agar tidak terjadi ketertinggalan dikarenakan kita tidak dapat memanfaatkan teknologi yang dikembangkan dan dipakai di negara maju. Tapi disini bukan hanya soal menggunakan teknologi yang telah diciptakan akan tetapi menciptakan teknologi untuk digunakan. Indonesia sebagai negara Megabiodiversity dengan berbagai sumber daya alam yang melimpah ruah maka kita dapat memanfaatkan kelebihan ini dengan mengelola sumber daya yang ada secara bijaksana untuk menghasilkan suatu karya yang bernilai bagi kehidupan.

Namun di pihak lain, teknologi hanya menghabiskan sumber-sumber daya alam, pembawa polusi atau pencemaran dan mengakibatkan terjadinya pengangguran. Teknologi dapat membawa bencana, sebaliknya juga telah terbukti bahwa bagi mereka-mereka yang dapat memanfaatkannya, teknologi tersebut dapat menolong mereka dalam meningkatkan kesejahteraan kehidupan. Inilah yang sebenarnya kita cari, penerapan teknologi yang berguna dan menyejahterakan kehidupan. Oleh karena itu peran dunia pendidikan dan pemerintah sangatlah penting untuk meningkatkan minat dan bakat anak bangsa dalam berinovasi.

COMPFEST 2011, One Stop IT Event yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia pada tanggal 14-16 Juni 2011 di SMESCO Indonesia merupakan salah satu wadah yang tepat untuk mengembangkan minat dan bakat anak bangsa dalam berinovasi menciptakan teknologi modern dengan berpartisipasi mengikuti berbagai acara yang diadakan seperti kompetisi (programming, blogging, game design dan robotic competition), workshop,  seminar, entertainment, dan exhibition. Event ini diharapkan dapat menciptakan berbagai karya yang berguna untuk menyejahterakan kehidupan bangsa menuju kemandirian nasional.


Tulisan ini pernah diikutsertakan dalam Blogging Competition COMPFEST 2011.

0 komentar:

Post a Comment