Thursday, January 26, 2012

Gotta Change!

Tahun 2012 baru aja dimulai tapi hal-hal yang suram udah banyak terjadi terutama masalah kuliah. IP aku turun 1,.. hebat yaa. Memang seperti yang udah aku prediksikan, hhuu. Photobucket

Jelas sedih awalnya, kalau habis lihat KHS pasti nangis. Tapi sekarang udah capek nangisnya, ga mau nangis karena itu lagi. Lagian mau capek2 nangis juga nilai di KHS ga akan berubah. PhotobucketBut sometimes I just need to cry for no good reason at all, it just makes everything better. Alhamdulillah orang-orang terdekat semua ngasih support dan nasihat2 yang baik. Love you all deh :*

Belajar dari pengalaman, Supaya hal ini ga berulang lagi, aku mesti melakukan perubahan, perubahan ke arah yang lebih baik pastinya. Jadi untuk semester ke depan aku harus selalu masuk kuliah. Aku harus mendengarkan dengan baik ketika si dosen mengajar. Pokoknya aku harus tetap datang dan mendengarkan kecuali kalau sakit parah atau ada kepentingan lain yang harus dilakukan.

Kenapa harus selalu datang kuliah? Karena, dari perkuliahan pasti kita akan dapat kisi-kisi ujian. Caranya dengan memperhatikan kebiasaan dosen. Ada dosen yang secara blak-blakan bilang “Ini akan masuk pas ujian ya, jadi pelajari betul-betul!”. Tapi ada juga dosen yang secara tersirat bilang “Ini penting!”. Atau ada suatu bahan yang penjelasannya selalu diulang-ulang, biasanya yang kayak gitu akan keluar pas ujian. Kemudian, harus mengerjakan semua tugas yang diberikan. Fotokopi semua soal dan jawaban tugas itu. Dengan begitu, kita akan mendapatkan bahan yang harus kita pelajari baik-baik, yang lain-lain dipelajari juga tapi nggak usah seintensif yang penting itu. Selain itu, dengan kehadiran di kelas dan mendengarkan dengan baik, kita pasti akan paham tentang matakuliah yang sedang kita pelajari tersebut. Walaupun Cuma sedikiiit, itu pasti akan membantu saat belajar menjelang ujian. Aku juga harus mencatat bahan-bahan yang penting untuk dipelajari lagi nantinya.

Nggak boleh terlalu stress. Aku baru menyadari bahwa di semester sebelumnya aku sudah terlalu stress menjelang ujian sehingga nilai aku malah anjlok! Nah, cara untuk mengindari stress adalah “jangan belajar dengan sistem kebut semalam!” Ini malah bikin otak penuh nggak karuan. Paling nggak dengan selalu hadir dan mendengarkan di dalam kelas, nggak akan ada yang namanya sistem kebut semalam. Kunci lain agar tidak stress adalah hilangkan pertanyaan-pertanyaan nggak penting yang memicu stress seperti, “Duh, besok aku bisa nggak yaa?”, “Apa ya soal yang bakal keluar?”, “Kira-kira aku bisa ingat ini semua nggak ya?”, dan lain sebagainya. Semakin banyak hal-hal yang nggak penting ada di pikiran, semakin sempit ruang di otak untuk hal-hal yang penting. Harus optimis dengan apa yang sudah dipelajari dan dipahami.

Nggak boleh lupa untuk berdoa, agar usaha yang udah dilakukan nantinya nggak sia-sia dan mesti tawakal juga. Bagaimana pun hasilnya, itu yang terbaik. Kalau dapat nilai bagus Alhamdulillah. Kalau dapat nilai buruk berarti masih ada yang harus diperbaiki.

“Jangan putus asa meskipun kamu berulang-kali gagal atau meskipun kamu berulang kali ditinggal oleh teman-temanmu. Percayalah bahwa pasti ada hikmah dari segala sesuatu. Percayalah bahwa kegagalan itu adalah jalan untuk membuatmu lebih kuat, atau buatlah kegagalan itu sebagai sesuatu yang membuatmu lebih tahan banting dari pada orang lain.”

Awal masuk kuliah semester genap masih 10 hari lagi. Harus benar-benar berusaha dan berfikir positif juga supaya di semester 4 dan  selanjutnya nanti, semuanya bisa lebih baik. no more D and E, no more crying! Photobucket

3 komentar:

suci nabbila said...

setujuuu :') IP gue juga anjlok di smester ini. Tapi semester berikutnya harus baguuus! ayo kita semangaaat!

Diah Wardani Chaidesar said...

kan gitu bagus udah semngat va.. ayo berjuang !! kk asuh mu mendukung :D

Nelva Amelia said...

:')

Post a Comment